Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Harus Kamu Tahu!

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Harus Kamu Tahu!

Gigi serta mulut yang bermasalah memang bisa menimbulkan komplikasi yang serius. Bukan hanya di gigi serta mulut namun juga di seluruh tubuh.

Karena itulah, penting bagi kalian untuk menjaga Kesehatan gigi dan mulut agar Kesehatan tubuh secara menyeluruh bisa terjaga.

Mulut merupakan gerbang bagi Kesehatan tubuh. Jika mulut tidak sehat, tubuh bisa ikut tidak sehat. Begitu pula sebaliknya, jika tubuh tidak sehat, tak jarang gejaanya juga terlihat di mulut.

Ada berbagai penyakit pada tubuh yang terkait dengan Kesehatan gigi dan mulut. Penyakit jantung dan paru – paru misalnya.

Orang yang memiliki penyakit pada gigi dan mulut biasanya lebih tinggi risiko terkenal penyakit kardiovaskular dan pneumonia.

Karena itulah, Kesehatan gigi dan mulut sangat penting dan dijaga. Sebagian orang mengira bahwa menyikat gigi 2 kali sehari saja sudah cukup untuk menjaga Kesehatan gigi dan mulut.

Padahal, kenyataannya tidak begitu. Kalian harus melakukan cara – cara di bawah ini agar Kesehatan mulut dan gigi bisa terjaga secara maksimal.

Bakteri pada mulut yang bisa membahayakan dikenal dengan istilah microbiome oral. Bakteri itu hidup di area pipi dalam, lidah, langit – langit, amandel, dan gusi.

Jika lingkungan mulut terlalu asam, lembab, dan kotor,m bakteri penyakit bisa berkembang dengan pesat. Bukan hanya di mulut, bakteri juga bisa masuk ke aliran darah sehingga berpindah ke jantung, usus, dan otak.

Salah satu bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan peradangan di tubuh adalah Porphyromonas gingivalis atau disingkat Pg yang termasuk bakeri penyebab masalah gusi.

Lalu, bagaimana sih cara menjaga gigi dan mulut yang benar?  Yuk simak di bawah ini.

1.Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras dan Lakukan Seacar Rutin

Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras dan Lakukan Seacar Rutin

Salah satu tujuan menyikat gigi adalah untuk menghilangkan plak gigi. Namun, jika kalian menyikat gigi terlalu keras, gesekannya bisa merobak gusi dan mengikis enamel gigi yang relative tipis.

Akhirnya, gigi kalian bisa menjadi lebih sensitive. Selain itu, cara sikat gigi yang tidak benar bisa membuat plak gigi malah menumpuk dan mengeras yang bisa menyebabkan gingivitis atau peradangan gusi.

Menyikat gigi harus dilakukan secara lembut dengan memutar dan memijat gigi dengan durasi sekitar 2 menit.

American Dental Association merekomendasikan untuk rutin menyikat gigi dua kali dalam sehari. Karena menyikat gigi memberikan manfaat untuk membersihkan sisi makanan dan plak yang mengandung bakteri di dalamnya.

Usahakan posisi sikat gigi berada dalam sudut 45 derajat menghadap gusi dan mulai lah dengan Gerakan sikat gigi ke depan dan belakang secara perlahan.

Bersihkan bagian luarnya, dalam, serta permukaan gigi untuk mengunyah. Gunakan pula ujung sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi depan.

Selain menyikat gigi, kalian juga dianjurkan untuk menyikat lidah demi menghilangkan kuman atau plak yang menempel pada lidah dan menjaga kesahatn gigi mulut secara utuh.

2.Gunakan Pasta Gigi Berfluorida dan Gunakan Benang Gigi

Gunakan Pasta Gigi Berfluorida dan Gunakan Benang Gigi

Fluoride merupakan unsur alami yang bisa kalian temukan dalam kandungan pasta gigi. Fluoride diserap oleh tubuh lalu digunakan oleh sel – sel yang membangun gigi kalian dalam menguatkan enamel gigi.

Fluoride juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan cara memerangi kuman dan memberikan perlindungan alami untuk gigi kalian.

Jika kalian tidak sempat menyikat gigi setelah makan, kalian bisa mencegah terjadinya sakit gigi dengan menggunakan benang gigi.

Benang gigi ini bisa membersihkan partikel dan plak yang tertinggal di dalam dan yang masih menumpuk karena sulit dijangkau.

3.Gunakan Obat Kumur atau Gunakan Larutan Garam

Gunakan Obat Kumur atau Gunakan Larutan Garam

Selain bisa mengusir bau mulut, obat kumur juga bisa diandalkan untuk mencegah sakit gigi. Kandungan di dalam obat kumur diklaim bisa mengontrol pertumbuhan bakteri sekaligus mengurangi plak yang masih menempel.

Selain berkumur dengan ibat kumur, kalian juga bisa menggunakan cara alami untuk mecegah sakit gigi, yaitu dengan rutin berkumur menggunakan air larutan garam.

Larutan disinfektan alami pada garam juga bisa menyembuhkan luka serta meredakan sakit tenggorokan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga mulut serta gigi kalian tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Semoga bermanfaat.