Cara Menghitung Customer Service Sebagai Produk

Cara Menghitung Customer Service Sebagai Produk

Kalian mungkin sudah pernah mengamati berbagai macam bisnis yang berkembang di era saat ini. Mulai dari start up, usaha kecil menengah atau UKM, sampai dengan berbagai perusahaan besar yang semuanya sangat memberikan perhatian kepada para pelanggan mereka.

Mereka juga mau menciptakan pengalaman bersama yang memuaskan lewat layanan pelanggan atau customer service.

Bagaimana customer service menjadi penting dan mendapatkan perhatian selayaknya sebuah produk usaha.

Kalian akan di anggap berhasil memperlakukan customer service sebagai produk jika sudah melakukan beberapa langkah berikut.

1.Kenali Pelanggan Lebih Dekat

Pelanggan adalah raja dan kita perlu mengenali mereka lebih dekat. Tujuannya adalah supaya bisa memahami apa yang mereka pikirkan dan inginkan dengan lebih konkret dan actual.

Temui lah pelanggan kalian secara langsung dan berkomunikasilah dengan mereka. Kesempatan bisa muncul kapan saja untuk melakukannya.

Misalnya sesudah mereka membeli produk kalian atau saat sedang berkumpul di dalam sebuah acara. Halangan geografis juga bukan sebuah batas untuk melakukannya.

2.Customer Service Dapat Menentukan Survivalitas Perusahaan

Memang, customer service mempunyai peran yang cukup signifikan dalam membuat sebuah perusahaan tetap bertahan di dalam terpaan persaingan bisnis yang makin mengerikan.

misalnya, jika kalian lihat Slack yang merupakan platform komunikasi pesan instan dengan basis cloud yang di kembangkan oleh Slack Technologies.

Slack membangun sebuah versi produk yang khusus di kembangkan berdasarkan feedback. Mereka sangat mempertimbangkan saran dan usulan dari pengguna aplikasinya.

3.Cara Membingkai Customer Service Sebagai Produk Dalam Perusahaan

salah satu hal terpenting untuk membuat customer service sebagai semacam produk adalah dengan menerapkan cara pembingkaian yang tepat.

Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan menerapkan proses yang kalian terapkan di dalam pembuatan produk ke dalam customer service.

Contohnya dalam membuat produk baru, kalian bisa memakai riset pasar dan pemasaran. Terapkan juga riset ini pada customer service.

4.Teknologi Bisa Memudahkan

Teknologi bisa jadi alat untuk meningkatkan kualitas customer service kalian. pelanggan juga akan di mudahkan dengan pemanfaatan teknologi terutama saat mereka mau menjangkau kalian.

Contohnya saja kemudahan transaksi lewat customer service untuk segala macam pembayaran atau pengembalian uang pelanggan.

5.Pelanggan Adalah Raja, Bukan Pengalaman Mereka

Ada yang berkata bahwa pengalaman pelanggan lebih penting di bandingkan dengan produk. Pengalaman pelanggan yang positif akan berdampak lebih besar di bandingkan dengan produk bagus tetapi minim pembeli.

Contohnya produk “Facebook Home” dan “McLobster”. Facebook Home merupakan produk eksperimen yang membuat Facebook jadi home screen telepon pintar.

Sedangkan McLobster adalah makanan cepat saji versi seafood dari McDonald. Kedua produk tersebut langsung di matikan begitu saja setelah di luncurkan karena pelanggan tak menyukainya.

Itulah berbagai cara untuk menjadikan customer service sebagai sebuah produk. Semoga bermanfaat.